Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Kemenag Basel Gelar Bimbingan Manasik Haji Bagi Ratusan Jamaah di Tingkat Kecamatan

0 219

TOBOALI- Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Selatan menggelar bimbingan manasik haji bagi calon haji (Calhaj) yang berada di Kecamatan Toboali, Kecamatan Tukak Sadai dan Kecamatan Lepar Kabupaten Bangka Selatan.

Puluhan jamaah calon haji di wilayah Bangka Selatan ini terlihat antusias saat menggikuti arahan dan bimbingan manasik haji bertempat di gedung pelayanan haji Kantor Kemenang Bangka Selatan.

” Sementara untuk Kecamatan Airgegas yang tergabung dari Kecamatan Simpang Rimba, Kecamatan Pulau Besar secara bersamaan juga melaksanakan manasik haji selama 8 hari,” kata Kepala Kantor Kemenag Basel, Jamaludin di Toboali, Selasa.

Jamaludin mengatakan kegiatan manasik haji ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, dan kemandirian bagi calon jemaah haji pada saat menjalankan ibadah di tanah suci.

Para jemaah dalam kegiatan manasik haji ini diberikan pembekalan lengkap dan beragam tentang kebijakan pemerintah, hak dan kewajiban jamaah haji, serta pengenalan hingga adat istiadat dan cuaca di Arab Saudi.

Kemudian pembekalan pelaksanaan ibadah haji mulai dari tawaf, ibadah sa’i, lempar jumrah, wukuf di padang arafah dan materi pembekalan lainnya.

” Pembekalan manasik haji ini sangat penting bagi jemaah apalagi saat melaksanakan rangkaian ibadah haji. Pastinya jemaah kita bertemu banyak jemaah dari negara lain. Dengan bekal tersebut diharapkan bisa melatih mereka cara berkomunikasi dan bersosialisasi yang baik dengan banyak orang,” harapnya. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.