Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

KPU Basel Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

0 116

 

TOBOALI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan menggelar simulasi pemungutan dan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di TPS 49 Kelurahan Toboali, Selasa (26/12/2023).

Ketua Divisi Teknis KPU Basel Zio Loenzah Monarek mengatakan, dalam kegiatan simulasi KPU Basel melibatkan 145 masyarakat sekitar yang sudah terdaftar dalam pemilih tetap (DPT) pada pemilihan umum tahun 2024.

” Kami ingin mengetahui berapa lama durasi atau estimasi waktu setiap pemilih dalam menggunakan hak pilihnya mulai dari pemilih mendaftarkan ke TPS, pemilih mendapatkan surat suara dan memasukkan surat suara ke kotak suara,” kata Zio.

Berdasarkan hasil simulasi yang berlangsung di Kantor KPU Basel tersebut rata-rata pemilih dari mulai diserahkannya surat suara oleh Ketua KPPS tercatat durasi waktu mencapai 3 sampai 5 lima menit per orang.

Tak hanya pemilih asli, pihaknya juga mengandeng panitia pemungutan suara (PPS) yang ada di tiga Kelurahan sebagai kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

” Kami mengandeng mereka mengingat ada hal-hal yang berbeda dari pemilu tahun 2019 lalu terutama pada proses penghitungan. KPU pada pemilu 2024 ini memilih aplikasi SiRekap untuk memberikan kemudahan bagi petugas rekapitulasi suara dan sebagai alat publikasi terhadap hasil penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS),” sebutnya

Dengan penggunaan aplikasi tersebut, Zio berharap dapat mempermudah petugas KPPS dalam perhitungan suara di TPS. Sehingga kedepannya tidak ada lagi petugas KPPS yang melakukan perhitungan suara dari subuh hingga menjelang siang hari. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.