Peringati Hari Jadi ke-316 Kota Toboali, Pemkab Basel Bersihkan Sampah Kiriman di Pesisir Pantai Tangsi

TOBOALI- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung membersihkan sampah plastik kiriman yang berserakan di bibir pantai Tangsi  Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Jumat (25/10/2024).

” Kegiatan gotong royong ini dalam rangka memperingati hari jadi ke-316 Kota Toboali. Aksi hari ini kami mengandeng para pelajar dan unsur Forkopimda setempat untuk membersihkan sampah di pesisir pantai, agar terlihat bersih dan indah,” kata PJS Bupati Basel Elfin Elyas.

Elfin mengakui selama dirinya menjabat di berbagai daerah, pantai Toboali dan sekitarnya merupakan salah satu pantai yang bersih dan indah. Karena itu kelestarian pantai harus tetap terjaga dan terawat dengan baik termasuk bersih dari sampah.

” Budaya semacam ini terus dipertahankan. Kalau bisa sarana prasarana seperti penyediaan tong sampah atau baner larangan perlu disiapkan disekitar lokasi pantai agar kebersihan lingkungan pantai tetap terjaga dan bisa mencegah masyarakat membuang sampah sembarangan,” sebutnya.

Elfin Elyas berharap kegiatan positif semacam itu terus digaungkan kedepannya supaya bisa menjadi contoh dan dapat  meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir pantai.

Dengan memiliki pantai yang bersih, kata Elfin tentunya banyak dampak positif yang akan dirasakan baik dari sisi lingkungan, masyarakat, maupun perekonomian para pelaku usaha yang menjajakan dagangannya di lokasi wisata.

” Banyak cara untuk menjaga kebersihan pantai diantaranya pembersihan rutin, pengurangan sampah plastik, kampanye edukasi. Pantai yang bersih dan indah dapat menarik lebih banyak wisatawan, sehingga dapat memberikan pemasukan bagi daerah dan UMKM di sekitarnya,” lanjutnya.

Ia juga mengajak masyarakat yang berkunjung ke pantai agar tidak membuang sampah sembarangan serta jangan meninggalkan sampah bekas makanan di sekitar lokasi wisata.

” ini perbuatan yang tidak bagus untuk dicontoh, karena sisa sampah yang ditinggalkan begitu saja sangat menganggu pemandangan bagi pengunjung yang sedang bersantai menikmati keindahan pantai di daerah Toboali,” harapnya. (Dika)

Comments (0)
Add Comment