Pemkab Basel Imbau Masyarakat Hemat Pemakaian Air Bersih

TOBOALI- Pemerintah daerah Kabupaten Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung mengimbau masyarakat agar menghemat pemakaian air bersih selama musim kemarau.

Kabid Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP Kabupaten Bangka Selatan Ardiyansah mengatakan musim kemarau di Bangka Selatan diperkirakan akan berlanjut hingga beberapa bulan kedepan.

” Tercatat pada bulan Juni hingga September 2024, Kabupaten Bangka sudah memasuki musim panas atau kemarau. Meskipun masih ada turun hujan, kita tetap meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi kekeringan,” katanya.

Menurut Ardiyansah dampak dari musim kemarau saat ini sudah ada sebagian daerah yang mengalami kekeringan air terutama pada petani sawah yang ada di Desa Rias.

Namun pemakaian air bersih harian rumah tangga, sementara ini masih bisa terpenuhi meskipun sudah masuk musim kemarau.

” Kalau kebutuhan air bersih untuk rumah tangga belum begitu berdampak dan masih bisa diatasi kemungkinan mereka dapat memanfaatkannya dengan sumur bor, atau sungai untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangga,” ucapnya.

Pihaknya juga akan mendistribusikan bantuan air bersih ke sejumlah daerah maupun fasilitas umum yang mulai mengalami krisis air bersih guna menanggulangi kekeringan di wilayah setempat.

” Kami juga mengisi ketersediaan air bersih di tempat-tempat ibadah, seperti mushalla dan masjid, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari,” harapnya. (Dika)

Comments (0)
Add Comment