Pemkab Basel Lakukan Pembinaan Metadata Statistik, Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan Statistik

TOBOALI- Badan Pusat Statistik bersama Dinas Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung saling berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Statistik yang ada di daerah.

” Kami sebagai walidata daerah menyampaikan apresiasi kepada BPS Basel atas Kolaborasi Pembinaan Metadata dan Rekomendasi Kegiatan Statistik Sektoral Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2024,” kata Kepala Dinas Kominfo, Yuri Siswanto, Kamis (29/8/2024).

Yuri menjelaskan, sesuai diamanatkan Perpres 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI), setiap daerah harus mendorong penyelenggaraan kegiatan statistik masing-masing dalam kerangka manajemen satu data yang terintegrasi.

Oleh karena itu dibutuhkan penyamaan persepsi dan pelaksanaan mekanisme terintegrasi dari seluruh stakeholder produsen data di daerah.

” Hal ini semacam refresh pelaporan kegiatan statistik yang dilakukan oleh seluruh instansi di Lingkungan Pemkab Bangka Selatan kedalam satu sistem informasi yang terintegrasi,” lanjutnya.

Dengan harapan dapat melihat secara komprehensif data-data statistik sektoral yang diproduksi oleh instansi di Lingkungan Pemkab Bangka Selatan.

Yuri menuturkan, diterapkannya inovasi ini salah satunya dapat mengefisiensi biaya, terhindarnya tumpang tindih kegiatan statistik yang sama, memudahkan akses informasi terhadap ketersediaan data serta tersedianya bahan informasi perumusan kebijakan penyediaan data statistik.

Selain itu, kata Yuri setiap instansi perangkat daerah juga harus memahami kaidah baku konsep dan definisi dari setiap data yang dihasilkan. Ini penting agar data yang dihasilkan bisa dilakukan analisis perbandingan baik antar waktu maupun antar wilayah.

” Dan yang terpenting adalah informasi yang dihasilkan dari data tersebut bisa digunakan untuk memformulasikan kebijakan pembangunan selanjutnya sehingga lebih tepat sasaran dan tepat guna,” tuturnya. (Dika)

Comments (0)
Add Comment