PWI Kenalkan Teknik Menulis Berita kepada Panwascam se-Bangka Selatan

TOBOALI– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung mengenalkan teknik menulis berita kepada puluhan anggota Panwascam se-Bangka Selatan, Selasa (6/8/2024).

Kegiatan yang digelar selama dua hari di Marina Hotel Toboali ini dibuka oleh Ketua Bawaslu Basel, Amri R.

Dalam kesempatan itu, Amri berharap pengenalan materi kehumasan dan teknik menulis berita bagi Panwascam dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan para pengawas di bidang kearsipan serta kehumasan jelang Pilkada 2024.

“ Harapan kita Panwascam semakin meningkat kemampuan kearsipan dan kehumasannya dan dapat menulis serta mempublikasikan setiap kegiatan pengawasan jelang Pilkada 2024,” ujar Amri

Sementara itu, Ketua PWI Basel Dedy Irawan yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut, memaparkan bahwa PPID atau Humas berperan penting dalam menciptakan citra positif sebuah organisasi.

Apalagi di tahapan Pilkada yang sedang berjalan saat ini, kata Dedy, Humas Bawaslu ataupun Panwascam harus semakin aktif dalam mengemas publikasi dengan begitu makan semakin baik pula citra Bawaslu di mata masyarakat.

” Dampak dari kegiatan ini, edukasi tahapan Pilkada akan terus menerus diterima oleh masyarakat sehingga muaranya partisipasi masyarakat akan meningkat,” lanjut Dedy.

Selain mengenalkan teori menulis, para anggota Panwascam se-Basel juga langsung mempraktikkan menulis berita kegiatan tahapan Pilkada yang baru saja dilakukan.

Dedy menjelaskan beberapa kata kunci dalam membuat berita seperti 5 W dan 1 H dalam penulisan awal sebuah berita atau informasi.

“Jika semua unsur 5 W dan 1 H ditambah foto sudah terpenuhi, boleh dipublish di media internal KPU dan dikirimkan ke media sehingga semua informasi pengawasan tahapan Pilkada dapat sampai kepada masyarakat,” tutupnya. (*)

Comments (0)
Add Comment