Kodim 0432 Basel Bersihkan Benteng Toboali, Jaga Kelestarian Cagar Budaya

TOBOALI- Komando Distrik Militer (Kodim) 0432 Basel membersihkan kawasan benteng bersejarah yang ada di wilayah Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Belitung, sebagai upaya untuk menjaga cagar budaya daerah setempat.

” Hari ini kita dibantu pemerintah daerah gotong royong membersihkan kawasan benteng Toboali agar dapat terpelihara dan terjaga dengan baik,” kata Dandim 0432 Basel Letkol Arh Sebmy Setiawan, Jumat.

Sebmy mengatakan kegiatan ini di mulai dari halaman depan benteng Toboali hingga ke setiap sudut bangunan. Dengan harapan cagar budaya nomor satu di Toboali itu bersih dari sisa sampah plastik kunjungan wisatawan.

“Kami bertekad untuk menjaga Benteng Toboali kedepannya terus bersih dan dapat dinikmati oleh seluruh warga lokal maupun wisatawan asing,” sebutnya.

Untuk itu, Dandim 0432 Basel berharap kegiatan ini selain mempererat ajang silaturahmi antar instansi sekaligus juga menjaga kekompakan supaya peduli dengan cagar budaya di Bangka Selatan khususnya di wilayah Toboali.

” Terawatmya cagar budaya kita, secara tidak langsung akan menarik pengunjung dari luar wilayah maupun wisatawan asing untuk berkunjung ke Basel. Sehingga hal ini ikut berimbas terhadap peningkatan pendapatan asli daerah,” harapnya. (Dika)

Comments (0)
Add Comment