Tantangan dan Pentingnya Etika Profesi Pendidik dalam Era Modern

Oleh : Wenny Artianta dan Silvia Mahasiswa PGSD, Fakultas FKIP, Universitas Muhammaddiyah Bangka Belitung

Profesi adalah kegiatan atau keterampilan yang membutuhkan kompetensi intelektual, perilaku ilmiah berdasarkan pengetahuan dan keterampilan tertentu dengan etika tertentu yang memenuhi kebutuhan dan persyaratan pasar tenaga kerja dan yang diperoleh seseorang melalui pendidikan tinggi dan pelatihan akademik.

Sedangkan pendidikan adalah usaha sadar untuk mempersiapkan peserta didik untuk berperan aktif dan positif dalam kehidupannya sekarang dan di masa yang akan datang, profesi guru adalah kegiatan atau pekerjaan dalam suatu mata pelajaran yang diberikan atau diajarkan kepada peserta didik agar dapat 3 berperan aktif dalam kehidupan mereka sekarang dan di masa depan.

Di era modern yang sedang berlangsung saat ini seseorang tidak bisa dipisahkan dengan perkembangan zaman, Salah satunya adalah teknologi (Dewi et al., 2021). Dengan seiring waktu teknologi terus melaju pesat serta berkembang dengan signifikan dalam kehidupan masyarakat.

Semakin pesatnya, hampir semua kebutuhan manusia telah terpenuhi oleh kecanggihan teknologi. Sehingga muncul berbagai jenis media internet sebagai media komunikasi yang memberikan berbagai informasi (Sulistyo et al., 2023). Yang memberikan dampak yang begitu besar kepada manusia terhadap perilaku sosial dan keagamaannya (Rahman, 2019). Namun dalam waktu yang bersamaan, era digital juga membawa banyak dampak negatif, sehingga menjadi tantangan baru dalam kehidupan manusia di era modern ini (Setiawan, 2017; Gultom, 2020).

Menurut Undang-undang No. 14 Tahun 2005, dijelaskan definisi guru pendidik profesional yang memiliki tugas atau peran utama yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi perserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Arti lain guru yaitu individu yang bertugas dalam mencerdaskan denyut bangsa dan negara yang meliputi aspek emosional, spiritual, fisikal, intelektual dan aspek lainnya. (Susanto, 2020 : 37).

Menjawab tantangan pendidikan mengenai kesiapan guru menghadapi perkembangan teknologi sebisa mungkin diiringi dengan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada. Salah satu hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi pendidikan berbasis teknologi adalah persiapan sumber daya manusia yang responsive, adaptif dan handal.

Oleh karena itu dalam pembahasan ini solusi dari tantangan pendidikan tersebut adalah mempersiapkan guru dalam pemanfaatan teknologi saat ini serta memaksimalkan kemampuan yang dimiliki guru dalam menggunakan peralatan teknologi terkini.

Kemampuan yang dimaksud yaitu kemampuan dalam menggunakan teknologi sehingga mampu mendampingi dan mengajarkan siswa dengan memanfaatkan teknologi. Memiliki keterampilan teknologi juga harus diiringi dengan pemahaman bahwa teknologi untuk dimanfaatkan dalam memperoleh hasil belajar yang positif.

Comments (0)
Add Comment