KPU Basel Bentuk 545 Petugas Pantarlih Untuk Pilkada Serentak

 

TOBOALI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung membentuk petugas pemutakhiran data pemilih sebanyak 545 orang pantarlih se-kabupaten Bangka Selatan untuk pemilihan pilkada serentak 2024.

” Hari ini kita mulai melantik ratusan petugas pantarlih di masing-masing desa, dan untuk tiga kelurahan dilantik di Kantor KPU Bangka Selatan,” kata Komisioner KPU Basel Syahrullah, Senin.

Syahrullah menjelaskan ratusan pantarlih ini akan ditempatkan di masing-masing desa sesuai dengan kebutuhan TPS yang ada di masing-masing desa.

Apabila jumlah mata pilih atau TPS berjumlah empat ratusan lebih orang, maka
Panitia Pemungutan Suara (PPS) dapat merekrut dua anggota pantarlih untuk bekerja di masing masing TPS di desa.

” Mereka bekerja selama satu bulan akan melakukan pendataan pemilih. Para Pantarlih yang terpilih itu akan menjalankan tugasnya selama satu bulan, terhitung mulai dari 25 Juni hingga 24 Juli 2024,” lanjutnya.

Pembentukan pantarlih ini sangat penting dalam proses pemilihan kepala daerah. Pendataan yang akurat oleh pantarlih akan membantu KPU dalam menyusun daftar pemilih tetap (DPT) yang valid.

” Hal ini memastikan petugas pantarlih kita melaksanakan tugas secara profesional dan menjaga integritas sebagai penyelenggara. Dan sekaligus juga membantu warga yang berhak memilih dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilihan pilkada serentak,” harapnya. (Dika)

Comments (0)
Add Comment