Pemkab Basel Ingatkan Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

TOBOALI- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung mengingatkan masyarakat sekitar untuk waspadai sedini mungkin potensi cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa hari belakangan ini.

” Masyarakat perlu waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dikhawatirkan akan menimbulkan bencana alam angin puting beliung dan banjir,” kata Bupati Basel Riza Herdavid di Toboali, Jumat.

Selain itu, Kata Riza dampak hujan lebat yang melanda wilayah Bangka Selatan beberapa rumah warga rusak berat tersambar petir, meskipun tercatat hanya ada beberapa kasus.

Pemerintah daerah telah memetakan sejumlah wilayah yang berpotensi rawan bencana alam diantaranya kampung Rawa Bangun Toboali, dan daerah pesisir pantai Desa Permis, Desa Tukak dan Desa Celagen.

” Kami dengan dinas terkait sudah rapat melakukan rapat untuk membahas formulasi apa yang akan kita ambil guna mengurangi imbas dari kejadian alam ini,” sebut Riza.

Pemerintah daerah saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang langkah awal yang harus dilakukan saat menghadapi bencana yang rawan terjadi di wilayah Bangka Selatan seperti banjir, angin puting beliung, dan kebakaran.

” Kami rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penanganan awal bencana alam supaya mereka tidak panik menghadapi bencana alam. Dan apabila terjadi banjir segera melapor ke pemerintah supaya cepat ditangani,” tuturnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari terjadinya penumpukan sampah di selokan sebagai upaya mengantisipasi munculnya bencana banjir ataupun peristiwa lainnya yang bakal terjadi saat memasuki musim penghujan.

” Mari kita menjaga lingkungan dari sampah, bersihkan drainase yang dipenuhi sampah agar air dapat mengalir dengan lancar dan tidak mampet. Jika tidak dilakukan hal itu dapat menyebabkan banjir apalagi di daerah yang rawan banjir,” pintanya. (Dika)

Comments (0)
Add Comment