Kepala Kejati Babel Kunjungi Sawah Desa Rias, Berikan Semangat Petani Sawah

 

SatuArahNews, TOBOALI- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Daerah Kepulauan Bangka Belitung bersama rombongan mengunjungi lokasi persawahan Dusun SPB Desa Rias Kecamatan Toboali Bangka Selatan, Rabu (30/08/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Kejati Babel Asep Maryono mengatakan. Luas persawahan Dusun SPB Desa Rias suatu kebanggaan terhadap lumbung pangan dan penyeimbang harga beras di Provinsi Kepulauan Babel.

“Saya tidak menyangka di Basel ada sawah yang sangat luas, ini dapat dijadikan lumbung pangan bahkan penyeimbang harga beras di Provinsi Babel ketika stok beras kita langka dan daerah ini bisa menjadi pemasok beras,” katanya.

Disamping itu, dia berharap daerah itu bisa memiilki semacam pabrik atau gudang penggiling padi. Agar pasca panen petani bisa diambil badan usaha milik desa (BUMD) sehingga harga jual padi petani tetap stabil dan bagus.

Tak hanya itu, sarana prasarana sektor pertanian di Desa Rias ini perlu diperhatikan Dinas Provinsi maupun Kabupaten salah satunya pada bibit, pupuk dan pemahaman tentang tata kelolanya. Karena yang menjadi faktor hambatan terbesar produksi padi yakni sarana transportasi.

“Dengan bagusnya sarana transportasi jalan. Para petani bisa merasakan hasil jual produksi padi mereka ke daerah luar maupin kota sehingga mempermudah para petani memasarkan beras mereka,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi menyambut baik kunjungan Kepala Kejati Babel Asep Maryono bersama rombongan ke Dusun SPB Desa Rias.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Kepala Kejati Babel telah mengunjungi Dusun SPB Desa Rias. Semoga dengan kunjungan ini semakin menambah semangat petani dalam meningkatkan hasil produksi padi di Bangka Selatan,” harapnya.

Comments (0)
Add Comment