PLN Babel Siagakan 779 Petugas Jelang Hari Raya Idul Fitri

SATUARAHNEWS.COM, Pangkalpinang– PLN Babel siagakan 779 petugas untuk mengamankan pasokan listrik jelang hari raya idul fitri 1440 Hijriah. Seluruh petugas tersebut terdiri atas tim layanan teknik hingga operator PLTD dan PLTU. Khusus untuk petugas layanan teknik (YANTEK), PLN memastikan material fast moving tersedia yang untuk mendukung berbagai jenis kendala teknis di lapangan.

Saat ini rata-rata permintaan energi listrik di pulau Bangka sebesar 150 MW dengan suplly 183 MW. Sedangkan permintaan di pulau Belitung tercatat sebesar 44 MW dengan supply 74 MW.

Beban puncak diprediksi cenderung turun pada lebaran hari pertama dan hari kedua hingga menjadi 130 MW – 140 MW di Pulau Bangka dan 38 MW – 42 MW di Pulau Belitung. “Hal ini dikarenakan banyak kantor dan industri yang tidak beroperasi. Namun begitu, pemakaian listrik pada pelanggan rumah tangga diprediksi justru akan meningkat karena pada hari tersebut banyak aktivitas yang dilakukan di dalam rumah”. Jelas Senior Manager Teknik PLN Babel, Taufik Eko.

Dari sisi pembangkitan, PLN telah menyiapkan cadangan batu bara yang cukup untuk kebutuhan selama rata-rata 23 hari dan bahan bakar minyak (BBM) rata-rata cukup untuk 25 hari.

Menjelang lebaran PLN tidak akan melakukan pemeliharaan rutin jaringan yang memerlukan penghentian sementara aliran listrik sejak 21 Mei hingga 21 Juni 2019. Apabila terjadi padam, maka dipastikan hal tersebut karena adanya gangguan.

“Untuk itu, dalam rangka mempercepat pemulihan apabila terjadi gangguan aliran listrik, PLN sudah menyiapkan SOP pemulihan jaringan dan  30 posko siaga lebaran yang tersebar sebanyak 19 posko di pulau Bangka dan 11 posko di pulau Belitung”. Pungkas Eko.

Lebih dari itu, ada lokasi-lokasi yang akan menjadi prioritas layanan jaringan diantaranya yaitu:
• Instalasi vital, meliputi: rumah dinas Gubernur, rumah dinas Bupati/Wali Kota, kantor instalasi Militer dan Polri, kantor Pemda, Rumah Sakit,
• Pusat Transportasi, meliputi: Bandara Depati Amir, Pelabuhan Pangkalbalam, Pelabuhan Tanjung Kalian, Teminal Selindung, Bandara HAS Hanandjoedin, Pelabuhan Tanjungpandan, dan Terminal Tanjungpandan, tempat ibadah lokasi Salat Idul Fitri,
• Pusat keramaian dan hiburan, meliputi: Alun-alun Taman Merdeka, Pasir Padi, Parai, Tanjung Pesona, Tanjungpendam dan Lapangan Merdeka

Segenap manajemen PLN Wilayah Bangka Belitung, mengucapkan selamat menjalankan ibadah lebaran 1439 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. Segera hubungi layanan 24 jam PLN Contact Center (0717)123, website www.pln.co.id, atau kunjungi posko layanan PLN terdekat yang siaga 24 jam apabila mendapati kendala listrik di rumah.

Comments (0)
Add Comment